Hari Ini: | بسم الله الرحمن الرحيم | Daftar Member | Login | Find us on:  

TIM OSN

Smansa Choir

banner4

olimpiade sains

banner6

banner7

banner8

banner9

banner10

banner12

banner13

banner14

banner15

banner16

banner17

banner18

dinas

smansa

unbk

Learning

Praktikum

cbt

OSN 2015

M/21 Zulqaidah 1440 H

Selamat Datang di Website Resmi SMAN 1 BALIKPAPAN - Menghasilkan Insan Religius, Berkarakter, Berprestasi, Berwawasan Global dan Berbudaya Lingkungan

Artikel

Belajar Itu Kapan dan Dimana Saja



Tanggal : 27-04-2019 13:41, dibaca 17 kali.

Belajar itu kapan dan dimana saja - Belajar itu sepanjang hayat. Mulai dari ayunan sampai ke liang lahat. Kalimat ini sudah familiar bagi kita semua. Belajar itu tak pandang usia. Tidak tergantung pada waktu dan tempat. Kapan saja bisa belajar, begitu pula tempatnya. Dimana saja kita dapat belajar.

Mengapa harus belajar? Secara umum jawabnya untuk meningkatkan kualitas diri dari segi pengetahuan, sikap dan tingkah laku serta kecakapan dalam hidup. Sangat malang orang yang sudah bersekolah tinggi, tetapi tak mau belajar lagi karena merasa ilmunya sudah tinggi.

Sebaliknya, sangat beruntunglah orang yang bersekolah rendah namun selalu kehausan akan ilmu pengetahuan. Mereka mau dan terus belajar untuk melepas dahaga akan ilmu pengetahuan.

Belajar itu tidak hanya di lembaga formal tetapi juga non formal. Tidak hanya di sekolah dan perguruan tinggi. Di lingkungan kita sendiri juga bisa belajar. Banyak media dan sumber belajar yang berserakan di lingkungan kita.

Sumber belajar yang popular adalah buku. Buku bisa dibaca di mana dan kapan saja. Buku adalah jendela dunia. Untuk membuka dunia ilmu pengetahuan dan wawasan, bukalah jendela itu dengan membaca buku. Yang penting ada minat dan keinginan untuk membaca.

Oh, ada pula media belajar yang lebih praktis. Belajar melalui internet. Tidak punya PC (personal computer)? Tidak apa-apa. Melalui mobile selluler juga bisa. Tak kalah dengan buku. Benda ini juga dapat dimanfaatkan dimana dan kapan saja. Mau surfing aneka informasi dan ilmu pengetahuan, biasa.  Mau berselancar di jaringan sosial apalagi.

Facebook, twitter dan sejumlah jejaring sosial lainnya, sesungguhnya media yang dapat dimanfaatkan untuk belajar. Begitu pula website/weblog, untuk belajar dan sekaligus “mengajar”. Jika ada dampak negatifnya dari media internet tersebut, tentu orang per oranglah yang akan mengolahnya menjadi berdampak positif.

Kesimpulannya, belajar itu tidak tergantung waktu dan tempat. Belajar itu dimana dan kapan saja. Demikian beberapa paragraf artikel sebagai dasar pembuka inspirasi kita semua.



Pengirim : Nafik Doni Agustan, S.T.,S.Pd



Kembali ke Atas


Artikel Lainnya :

Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                    



Komentar :


   Kembali ke Atas

 
 
SMA NEGERI 1 BALIPAPAN

Terima kasih telah menjadikan website ini sebagai alternatif untuk menjalin Ukhuwah dan meng-upgrade pengetahuan.

Mudah-mudahan dengan berbagi kita bisa menambah pengetahuan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Salam..Nafik Doni Agustan, ST

KlikUntuk KembaliKe atas